Supermarket Tanpa Pelayan Dan Kasir Ala Jack Ma

By on November 11, 2017

TAO CAFE 

Jack Ma terus membuat sebuah kejutan. Jack Ma adalah orang yang tidak pernah puas untuk menciptakan ide-ide baru. Jack Ma dalah orang yang ingin melakukan banyak perubahan baik untuk dirinya maupun perusahaan. Dia membangun Alibaba bukan hanya sekedar sebuah perusahaan e-commerce tetapi juga ingin membangun banyak perusahaan UKM China tumbuh dan berkembang serta dapat menaikkan taraf kemakmuran hidup para pemiliknya.

Dia telah bekerja keras selama lima tahun untuk membangun Alibaba dan mengembangkan bisnis Alibaba dari sebuah perusahaan kecil yang tidak di lihat menjadi sebuah perusahaan skala global. Dia tidak pernah menyerah walaupun membutuhkan kerja keras untuk mewujudkannya. Dia selalu mencari ide-ide baru bagaimana mengembangkan Alibaba dari awal berdirinya hingga bisa sampai sekarang. Dia mengajak semua orang untuk tumbuh bersama dan yakin untuk mencapai kesuksesan.

Salah satu usaha pengembangan bisnis Alibaba adalah membuat cafe model baru yaitu Tao Cafe, berikut ulasannya:
Perusahaan Jack Ma Alibaba terus mengembangkan konsep bisnis baru, kali ini raksasa perusahaan e-commerce asal China meresmikan Tao Cafe yaitu sebuah supermarket serba otomatis dan tidak ada pelayan atau kasir.

Alibaba akan terus mengembangkan strategi bisnis baru di era digital. Para pengunjung Tao Cafe yang ingin berbelanja di cafe supermarket  tersebut harus mendaftarkan dirinya menjadi pengguna Alipay karena seluruh transaksi akan melalui gateway tersebut dan para pengunjung harus memindai QR Code yang terpasang pada aplikasi Taobao.

Jika semua persyaratan tersebut telah dipenuhi, pengunjung bisa pergi ke Tao Cafe dan selanjutnya sistem di Tao Cafe mampu mengenali tiap barang yang diambil oleh para pengunjung dan saldo Alipay pengguna akan terpotong sesuai dengan jumlah barang yang dibelanjakan. Untuk menunjang kinerja sistem tersebut maka Tao cafe di pasang banyak sensor yang tersebar di berbagai sudut toko.

Cara ini sangat praktis karena mampu menghilangkan antrean pembayaran, termasuk petugas kasir. Karena jumlah saldo akan terpotong secara otomatis. Tao Cafe juga dilengkapi dengan food court yang menerapkan sistem yang sama. Tetapi ada perbedaan saldo tidak akan langsung terpotong sampai pengunjung benar-benar akan membayarnya. Tapi rincian makanan yang telah di beli akan tertera di layar pembayaran. Suara mesin otomatis akan mengatakan: Ini adalah (daftar) makanan yang telah diambil dan Anda yakin ingin bayar? Jika pengunjung akan membayarkannya maka harus memilih tombol ya, maka sistem secara otomatis akan memotong saldo Alipay. Alipay adalah produk e-money dari Alibaba.

Alibaba terus mengembangkan bisnisnya selain e-commerce, restoran tanpa kasir merupakan sebuah terobosan baru untuk mengembangkan bisnis di bidang retail supermarket dan cafe. Target market dari Tao Cafe adalah generasi muda dan juga akrab dengan teknologi.

Sumber : Marketing-Interactive.com, Campaign Asia, The Business Times, mp.weixin.qq.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *