Kenali Penyakit di Tubuh Kita Lewat Warna Lidah

By on Juli 24, 2015

kesehatan-lidah2_20150722_092502

Lidah yang memiliki fungsi utama sebagai indera pengecap ini ternyata juga bisa memberikan petunjuk apakah seseorang mengidap penyakit tertentu. Jenis penyakit yang bisa diintip lewat lidah bahkan cukup beragam, mulai dari alergi, demam, sakit kepala, hingga sifilis.

Seperti dilansir Daily Mail dan Healthfoodteam, lidah yang sehat memiliki warna merah muda, bersih, dan diselimuti papillae yang mengandung indera pengecap atau perasa.

Lidah yang meradang, merah, hitam, atau berwarna putih, bisa menunjukkan adanya gangguan kesehatan seperti sariawan . Sedangkan lidah yang tampak bengkak biasanya disebabkan karena reaksi alergi.

Lidah berwarna merah bisa disebabkan oleh kekurangan vitamin B12. Penyakit Kawasaki ( penyakit yang dapat menyebabkan inflamasi pada dinding pembuluh darah di seluruh tubuh) dan demam berdarah juga memiliki tanda patognomonik lidah merah.

Lidah berwarna putih atau dengan dengan bintik-bintik putih. Ini mungkin salah satu tanda yang paling umum bahwa ada sesuatu yang tidak beres dalam tubuh Anda. Lidah putih paling sering disebabkan oleh sariawan mulut dan infeksi jamur tak terkontrol pada pasien HIV.

Lidah berwarna hitam dan berbulu. Biasanya adalah efek samping yang merugikan dari minum antibiotik oral. Oleh karena itu, penting bahwa kita sering memeriksa mulut terutama ketika minum antibiotik oral untuk waktu yang cukup lama.

Dalam beberapa kasus, lidah yang tidak sehat menunjukkan bahwa Anda perlu mengubah gaya hidup Anda. Misalnya, jika Anda rentan terhadap sariawan, diet Anda harus rendah gula dan karbohidrat. Juga, jika sering mengalami sariawan, Anda mungkin harus membatasi asupan makanan Anda yang rendah asam dan lemak.

Hal ini penting untuk mengobati lidah Anda sebagai bagian lain dari tubuh Anda yang membutuhkan perhatian khusus. Hal terbaik adalah bahwa setiap kali Anda menyikat gigi Anda, perhatikan untuk berhenti, melihat dan menilai lidah Anda dan jangan lupa untuk menyapu lantai lidah Anda untuk menghilangkan gula dan bakteri yang mungkin saja akan bergolak antara papila.

Adanya galur panjang pada permukaan lidah pada umumnya adalah tanda penyakit menular seksual, sifilis. Jika Anda mendapati borok atau luka di lidah, waspadai penyakit Crohns atau penyakit pencernaan.

Kekurangan zat gizi tertentu juga bisa membuat kondisi lidah berubah. Lidah yang tampak lebih “berdaging dan lembut” merupakan gejala Anda kekurangan vitamin B12, zat besi atau asam folat.

Luka kecil di lidah, ada benjolan, atau perdarahan yang tidak jelas penyebabnya, bisa menjadi gejala adanya kanker.

Sumber: Tribun News

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *