Habaib Muda Nusantara Bersatu Dukung Jokowi-Ma’ruf

By on November 27, 2018

Jakarta- Sebuah peristiwa bersejarah telah ditorehkan pada hari selasa 27 November 2018 bertempat di Jl Pakubuwono VI, No 26 AF, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan sejumlah Habaib yang tergabung dalam jaringan Habaib Muda Nusantara (HADANA) adakan silaturahmi dan deklarasi nasional dukungan kepada Jokowi-Ma’ruf capres no.urut 1.

Acara ini dihadiri oleh K.H. Maman Imanul Haq sebagai Direktur Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf. Kang Maman begitu sapaan akrabnya sangat mengapresiasi bahwa dukungan ini bukan sekedar dukungan politik belaka tetapi lebih dari itu deklarasi ini adalah keberpihakan kepada maslahat umat dan pilihan hati nurani.

Beliau sampaikan juga bahwa sepanjang sejarah Indonesia para Habaib dan Kyai bahu-membahu dalam membimbing dan membina umat, ada cerita Kyai Ali Mansur Sidiq Banyuwangi dengan sejarah sholawat badarnya dan karomah Habib Ali Kwitang, juga ada  pesan Gus Dur Sang Guru Bangsa mengatakan yang lebih tinggi dari politik adalah memuliakan kemanusiaan, ada Habib Husein Mutahar pencipta lagu-lagu kebangsaan dan masih banyak lagi habaib-habaib lain disemua lini kehidupan yang berjasa besar bagi bangsa dan negeri ini juga dengan nasionalisme yang tinggi mampu menjaga Indonesia.

Disaat kita hari ini mengalami sebuah dinamika besar ditengah gelombang globalisasi dimana politisasi isu-isu agama dan hoax menjadi sesuatu yang massif dihadirkan di dalam keseharian kita, apabila Anda ingin mengusai orang bodoh maka bungkuslah sesuatu yang batil dengan kemasan agama seperti yang dikatakan Imam Ali bahwa itulah kalimat haq tetapi untuk sesuatu yang batil, kalimat haq digunakan untuk menebarkan kebencian dan permusuhan maka peran Habaib sebagai penyejuk, penyeimbang dan pengayom umat sangat dibutuhkan sebagaimana yang telah ditempuh oleh para pendahulu-pendahulu yang saleh, para Habaib telah bersuara lantang untuk tidak lakukan korupsi, ya korupsi ajaran agama, hadirkan sikap toleran tanpa caci-maki, jauh dari ujaran kebencian, tanpa diskriminasi dan saling menghargai antar sesama anak bangsa, ungkapnya”.

Sebelum membacakan deklarasi Habib Syahdu sebagai koordinator memberikan sambutan singkatnya bahwa HADANA lahir karena sebuah keprihatinan kepada Bangsa dan Negara, para Habaib muda terpanggil untuk memberikan kontribusinya dan lakukan keberpihakan dengan mendukung kelanjutan pembangunan lima tahun ke depan dibawah kepemimpinan Jokowi-Ma’ruf.

Karena keberhasilan dan capaian-capaian kemajuan yang telah dibuktikan selama periode kepemimpinan beliau. “Apalagi wakilnya adalah seorang ulama. Dan ini duet yang sangat bersejarah. Mempersatukan ulama dan umara. Kinerja bagus, pro rakyat dan dia didampingi oleh seorang ulama mumpuni karena dia Ketua MUI, sudah tahu persis (tentang umat Islam),” tutur Habib Syahdu. Pasangan Jokowi-Ma’ruf adalah pasangan ideal maka diharapkan ke depan menjadikan Indonesia semakin maju.

Habib Syahdu berpesan kepada para Habaib agar tetap bersatu walau berbeda pilihan politik. Berbeda adalah satu hal yang wajar asal jangan perbedaan itu melahirkan permusuhan, masing-masing punya cara, sudut pandang dan prespektif yang berbeda dalam melihatnya dimana satu dan yang lainnya harus saling menghormati. Habaib harus cerdas jangan ikut permainan para takfiriyyin yang sangat intens memainkan isu-isu agama demi syahwat berkuasa.

Tampak pula yang hadir para penggagas HADANA yaitu Habib Husein bin Alwi Al-Habsyi sebagai Koordinator jaringan majelis Ta’lim ASWAJA se Jawa Barat, Muhammad Rizky Al-Hamid pengacara muda dari tim advokasi Alawiyyin dan juga selaku sekjen Gerakan Nasional Anti Kekerasan dan Intoleransi (Generasi ) sebuah wadah peyadaran Nasional untuk generasi muda akan bahaya radikalisme dan intoleransi.

Acara ditutup dengan pembacaan deklarasi dan do’a oleh Koordinator HADANA Habib Syahir Alaydrus. Setelah deklarasi ini maka akan segera dibentuk secara resmi HADANA disemua daerah karena Alhamdulillah secara keanggotaan jaringan Habaib Muda tersebar di seluruh wilayah Nusantara, pungkasanya”.

 

 

 

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *