Franchise Warteg Modern

By on November 21, 2019

Sour Sally Group meluncurkan lini bisnis terbaru Wowteg. Konsep Wowteg adalah warteg dengan desain rumah makan kekinian dan makanan yang higienis.

Uniknya Wowteg ditawarkan bagi yang ingin berusaha denagn sistem waralaba atau franchise.

Baca juga: Laris Manis Bisnis Boba: Modal Rp 500.000, Untung Rp 9 Juta Per Bulan

“Jadi di event SIAL Interfood kami buka Rp 70 juta, booking fee itu untuk nge-lock lokasi di mana dia mau buka,” ” jelas Tossa Project Leader dari Wowteg, saat ditemui di SIAL Interfood, di JIEXPO, Jumat (15/11/2019).

Total biaya untuk mebuka waralaba Wowteg disebutkan Tossa sudah termasuk booking fee mencapai Rp 250 juta. Uang tersebut sudah termasuk berbagai peralatan, POS System, traning karyawan, renovasi kedai, marketing tools dan initial supply (raw material and pack).

“Tergantung luas area semakin bersar areanya akan semakin besar biaya renovasinya,” sambung Tossa.

Wowteg menyasar lingkungan kantor, kampus, dan kost-kostan sebagai lokasi binsis yang strategis.

Baca juga: Mengenal Tradisi Minum Teh di China, Perantara Pelancar Bisnis

Konsep lain yang terbilang berbeda dari Wowteg adalah adanya central kitchen atau dapur pusat. Di dapur pusat ini makanan dimasak oleh koki profesional, kemudian dikirim ke seluruh gerai.

Di gerai Wowteg sendiri, selain konsep interior yang modern tingkat kenyamanan pengunjung juga diperhatikan. Mulai dari ruangan ber-ac, bebas rokok, sampai tempat pajang makanan dan peralatan yang higienis.

“Di Wowteg makanannya dimasak oleh profesional chef yang ada di central kitchen. Jadi taste-nya mungkin makanannya tidak se-wah makanan hotel bintang lima tapi batasannya adalah rasa yang ada di warteg sebenarnya. Lebih higienis dari warteg-warteg lainnya,” papar Tossa.

Untuk membuka Wowteg ada tahapan yang harus dilalui, seperti membayar booking fee , menentukan lokasi gerai sesuai dengan daerah yang telah dipesan, tanda tangan perjanjian waralaba, dan melakukan pelunasan waralaba.

Langkah berikutnya adalah penentuan jadwal pembukaan gerai, mendesain outlet, mencari kayawan yang akan di traning oleh Sous Sally Group. Setelah semua hal tersebut telah dipenuhi maka gerai Wowteg akan siap dibuka.

Terdapat dua kategori tempat yang bisa dipilih oleh calon pemilik gerai. Pertama adalah Canteen Wowteg dengan luas minimal 12 meter persegi dan Street Level Wowteg dengan luas minimal 30 meter persegi.

Melalui simulasi profit keuntungan kotor sebelum dipotong HPP 37 persen adalah Rp 39.930.000 untuk tipe Canteen Wowteg dan Rp 61.875.000 untuk tipe Street Level Wowteg per bulan.

Keuntungan bersih per bulan yang didapat bisa mencapai Rp 15.474.000 dari tipe Canteen Wowteg dan Rp 22.025.000 untuk tipe Street Level Wowteg.

Namun estimasi tersebut hanyalah estimasi, bukan jaminan.

Rencananya Wowteg akan membuka outlet perdananya pada Februari 2020 disusul gerai lain di kawasan Jabodetabek.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *