BISNIS WARKOP: MODAL SEDIKIT UNTUNG BANYAK

By on April 15, 2016

12939352_270290719973898_9334142_n

Di Makassar, Anda dapat menjumpai warkop (warung kopi) dengan fasilitas free wifi dengan sangat mudah. Bahkan Anda dapat menemukan warkop-warkop yang letaknya berdampingan. Di kota Daeng, bisnis warkop ini pada awalnya mulai menjamur sekitar tahun 2008 silam. Kebutuhan masyarakat akan koneksi internet membuat bisnis ini laku keras. Meskipun kebanyakan pengunjung pada hakikatnya tidak mencari kopi, melainkan koneksi internet, namun dari segi keuntungan, warkop telah berhasil menggerus keberadaan warnet (warung internet) yang sebelumnya menguasai pangsa pasar.

Dari beberapa warkop yang pernah ‘dijajah’ Daeng Situju didaerah Makassar, rata-rata pemilik dan pegawai warkop mengatakan prospek bisnis ini lumayan besar. Beberapa dari mereka bahkan telah berani mencicil mobil dan motor dari keuntungan bisnis ini. Modal sedikit untung banyak. Kira-kira itulah kalimat yang dapat menggambarkan bagaimana prospek bisnis warkop.

Adapun rincian modal usaha yang dibutuhkan untuk mulai menjalankan bisnis ini antara lain:

Tempat Usaha

Hasil pengamatan di daerah Makassar dan Pare-pare, rata-rata pelaku bisnis warkop menjadikan ruko (rumah toko) sebagai tempat usahanya. Sebagian yang lain memanfaatkan teras rumah. Jika Anda tidak memiliki tempat, Anda bisa menawarkan kerja-sama kepada teman dan kerabat Anda untuk menyediakan tempat dengan sistem bagi hasil. Akan lebih baik jika Anda turut mempertimbangkan lahan parkir. Pastikan parkiran yang Anda sediakan tidak mengganggu tetangga, pengguna jalan, atau rumah/usaha lain disekitar Anda. Lahan parkir adalah salah satu pertimbangan pengunjung untuk singgah.

12966553_270290723307231_1772305948_n

Selain itu, Anda juga membutuhkan beberapa set meja beserta kursinya. Upayakan agar keseluruhan meja dan kursi tidak membuat ruangan terkesan sesak dan terlalu padat. Berilah jarak yang kira-kira orang dewasa bisa melewatinya dengan mudah. Jangan menjebak pengunjung dengan memberi jarak yang perhitungannya didasarkan pada lebar badan Anda; kecuali jika Anda berbadan sedikit besar. Jika seperti itu, tidak menutup kemungkinan suatu saat nanti gelas kopi pengunjung lainnya bisa tumpah. Ini akan menjadi masalah.

Selanjutnya yang Anda butuhkan tentu saja gelas. Terkait gelas, biasanya untuk ukuran kopi standar dihidangkan dalam gelas berbahan kaca dengan ukuran yang variatif; yaitu 4 oz, 8oz, hingga 10oz. Oh iya, jangan lupa untuk melengkapi gelas kaca tersebut dengan pengalas. Saat ini terdapat beberapa kalangan yang baru bisa merasakan nikmatnya kopi ketika diminum dari alas gelas. Selain itu, ini juga sangat berguna untuk menutup gelas guna menghindari keluarnya suhu panas dari kopi. Kopi akan terasa nikmat jika panas atau hangat.

Sumber : daengsituju.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *